Sulut Kehilangan Tokoh Pemersatu, Tonaas Walian Wangko Dicky Maengkom Berpulang 

by -810 Views

mangunisuararakyat.com – Manado, Salah satu Tokoh yang dikenal sebagai Pendiri Ormas Brigade Manguni di Sulawesi Utara, Dicky Yohanes Maengkom meninggal dunia pada Sabtu (24/6) di RSUP Prof Kandouw Malalayang.

Jenazah Dicky Maengkom saat ini disemayamkan di rumah duka depan RRI Manado Jalan Raya Malalayang Manado. Sejak meninggal dunia ribuan orang silih berganti melayat jenazah almarhum yang juga dikenal sebagai sosok penjaga kedamaian bumi nyiur melambai ini.

Tonaas Brigade Manguni Nusantara Manado, Maikel Salim menuturkan Tonaas Dicky Maengkom memang sudah lama menderita sakit. ” Saat beliau sakit saya bersyukur bisa mendampingi wangko ketika dirawat dirumah sakit advent, saya tahu penderitaan yang ia alami, saya sangat kehilangan sosok pemimpin yang selama ini saya teladani, ” ungkap Ekhey sapaan akrabnya.

Sejarah mencatat awal berdiri Brigade Manguni sebagai respon atas konflik horizontal yang terjadi di Maluku waktu itu.

Konflik bernuansa SARA itu dikhawatirkan merembes ke Sulawesi Utara.

Maka sejumlah tokoh adat dan organisasi masyarakat sipil di Sulut berinisiatif membentuk Brigade Manguni. Dicky Yohanes Maengkom dipilih sebagai Tonaas Wangko yang pertama.

Tujuan pendirian ormas ini adalah untuk menghalau dan mencegah oknum-oknum yang bermaksud menyulut konflik horizontal di bumi Toar Lumimuut.

Namun kekhawatiran itu tak terjadi. Sulawesi Utara membuktikan diri sebagai daerah dengan masyarakat yang sangat toleran terhadap perbedaan SARA.

Pengurus dan anggota Brigade Manguni pun datang dari beragam latarbelakang. Ada tokoh adat, tokoh agama, anggota DPRD, kepala dinas, akademisi, pengusaha, dan jaksa. Juga ada advokat, ASN, mahasiswa, hingga anak muda lintas organisasi kepemudaan.

Kini, muncul berbagai ormas Manguni lainnya yang embrio dan semangatnya ditularkan oleh Brigade Manguni.

Selamat Jalan Tonaas Walian Wangko, Sulut kehilangan Tokoh penjaga kedamaian bumi toar lumimuut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.