Wagub Tantang Investor Kesehatan Bangun Rumah Sakit Tak Perlu Tunggu IMB dan Amdal

by -469 Views

Wagub Steven Kandouw

mangunisuararakyat.com, Manado – Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengeluarkan pernyataan menarik saat membuka perhelatan medical expo dan health tourism pada jumat (4/8) di Manado Town Square.

Wagub menuturkan, pemprov Sulut membuat kebijakan untuk mempermudah investasi kesehatan bagi mereka yang ingin membangun rumah sakit misalnya.

“Jadi untuk investor kesehatan jika ingin bangun rumah sakit, tak perlu tunggu IMB dan Amdal, bangun saja, pengurusannya nanti belakangan ,” kata Kandouw

Menurut dia, pengurusan IMB dan amdal kerap jadi momok investasi sehingga banyak investor mengurungkan niatnya masuk ke Sulut.

“Pengurusannya lama kadang butuh waktu dua hingga tiga tahun,” katanya

Pernyataan Wagub ini mendapat sambutan positif dari masyarakat tapi juga menjadi warning bagi Pemerintah. Pdt Rogef Parengkuan, Ketua Ormas Adat BMN Sulut menyatakan sikapnya bahwa dia menyambut baik kebijakan Pemprov tersebut namun harus diikuti dengan pengawasan dan kontrol saat rumah sakit itu beroperasi.

” Memang hal yang positif bagi dunia investasi kebijakan ini namun Pemprov harus melakukan kontrolling yang ketat bila rumah sakit tersebut sudah beroperasi, karena sekarang ada rumah sakit di Manado yang sudah beroperasi puluhan tahun namun amdalnya bermasalah, ini khan berdampak kepada masyarakat, kami punya data,”  tegas Parengkuan.

Menurut Parengkuan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan penelusuran melalui instansi terkait mengenai kasus ini.

(Dayke)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.