Lily Binti Realisasikan Janji Saat Reses Sebagai Anggota Dewan

by -578 Views

mangunisuararakyat.com, Manado – DPRD sebagai lembaga legislatif merupakan lembaga perimbangan terhadap kekuasaan eksekutif yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di daerah.  Dalam Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), disebutkan bahwa DPRD Kabupaten/Kota memiliki tiga fungsi, yatu fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan. Ketiga fungsi tersebut dijalankan dalam kerangka representasi rakyat pada tingkat Kabupaten dan Kota. Di dalam Undang-Undang tersebut juga disebutkan masa persidangan meliputi masa sidang dan masa reses.

Masa reses adalah masa di mana anggota DPR/DPRD bekerja di luar gedung atau di luar kantor. Masa reses adalah waktu anggota DPR/DPRD melakukan kunjungan ke konstituen atau Daerah pemilihan (Dapil) untuk menjalankan tugas-tugasnya sebagai wakil rakyat. Itu berarti reses dilakukan dalam kerangka anggota DPR/DPRD menjalankan tugasnya dalam hal legislasi, penganggaran, dan pengawasan.

Lampu Jalan di Tanjung Batu 

Reses sangat efektif digunakan dalam rangka menjalankan ketiga fungsi tadi. Reses dapat menjadi instrumen yang baik untuk memperoleh aspirasi dan masukan dari konstituen, serta untuk melihat langsung implementasi berbagai kebijakan yang dibuat oleh eksekutif.

Inilah yang dijalankan Anggota Dewan Kota Manado, Lily Binti. Saat melakukan reses dengan masyarakat di daerah pemilihan (dapil) Wenang Wanea Lily menyerap aspirasi masyarakat terkait penambahan lampu penerangan jalan, pengaspalan jalan, pemasangan paving untuk jalan setapak bahkan kebutuhan masyarakat lainnya.

Dalam merealisasikan aspirasi masyarakat Lily Binti melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Perkim, Dinas PUPR dan SKPD lainnya yang bersentuhan langsung dengan keinginan masyarakat.

Lampu Jalan di Teling Bawah 

” Kami masyarakat Teling Bawah Lingkungan 7 berterima kasih atas bantuan dan kepedulian anggota dewan Ibu Lily Binti karena telah merealisasikan lampu jalan yang kami butuhkan ,” ungkap Marselino Tendean, warga Teling Bawah.

Sementara itu kepada media ini, Lily Binti menyatakan bahwa sebagai anggota dewan ia harus menjalankan fungsi legislasi agar saat reses bukan hanya mendengar dan mencatat tapi wajib merealisasikan keinginan dan harapan masyarakat.

Fernando Supit, warga Kelurahan Mahakeret Timur juga menyampaikan terima kasih kepada Lily Binti yang sudah membantu warga dengan memfasilitasi pemasangan lampu jalan dan pengaspalan jalan.

Warga berharap eksistensi Lily Binti sebagai anggota dewan dapat dilanjutkan mengingat ia juga tercatat sebagai calon anggota legislatif yang akan berkompetisi di tahun 2024 mendatang.

(Dayke)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.